Monday, June 22, 2015

American Risoles a.k.a Risoles Sosis Keju (with Oat)

0

Sepertinya motto adik saya saat liburan panjang pulang dari asrama adalah tiada hari tanpa memasak. Sejak pulang ke rumah untuk libur kelulusan dari SMP yang diikuti libur panjang Ramadhan, adik saya hampir setiap hari merayu mengajak saya bikin makanan ini dan itu. Berhubung saat ini sedang bulan Ramadhan, jadi coba-coba di dapurnya dirubah menjadi sore menjelang buka puasa.

Kali ini bikin risoles karena terinspirasi dari salah satu tante saya, Bi Oom, yang punya bisnis kue dan sering membuat risoles enak tapi isinya sayuran. Berhubung di rumah ada sosis (adik saya hobi banget beli sosis dah ya kayanya --"), keju, dan wortel maka kami memutuskan untuk membuat risoles isi keju wortel sosis ala-ala risoles yang sekarang lagi booming dinamai American Risoles. Dinamai American Risoles sepertinya karena biasanya dibuat dengan isian seperti burger: beef burger, keju, dan sayuran/salad untuk burger dimana burger diidentikan dengan negeri paman sam itu. Padahal aslinya kata ibu-ibu di grup NCC yang tinggal di amerika, di amerika ga dikenal risoles khas sana. Hahahaha.

Untuk baluran krenyesnya, seharusnya pakai tepung roti atau breadcrumb. Berhubung di rumah gak ada dan bakal kesorean kalau beli dulu, akhirnya kami menganti breadcrumb dengan oat alias havermout instant yang biasa untuk bubur. Menurut sebagian orang, oat yang digoreng itu menyerap banyak minyak dibandingkan tepung roti dan sejenisnya sehingga tidak sehat. Makanya saya dan adik saya pun gak mau repot-repot mengklaim risoles buatan kami ini sebagai makanan sehat. :p *cariaman*

Oke, itu tadi Kitchen story behind the recipe (apaan dah). Inilah resepnya...

Risoles Sosis Keju balur Oat

Bahan Kulit Risoles:
*resep kulit saya adaptasi dari resepnya teh Ricke di link ini
100 gram terigu protein tinggi (tapi saya pakai terigu tak ber merk, jadi gatau jenisnya)
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 butir telur
300 ml susu cair
1/2 sendok makan margarin dilelehkan atau 1 sendok makan minyak goreng

isi:
isian sepertinya bebas suka-suka, untuk yang saya buat, isiannya speerti berikut,
sosis dipotong menjadi dua memanjang
keju cheddar potong memanjang
3 buah wortel, diparut panjang halus (seperti untuk asinan sayur)
1 siung bawang putih, geprek lalu cincang halus
1 siung bawang merah, iris halus
sedikit minyak untuk menumis
mayonaise

pelapis:
2 butir telur, dikocok lepas
tepung panir secukupnya (saya pakai oat instan)

cara membuat:
1. campur terigu, garam, dan merica bubuk dalam wadah, aduk rata. Buat lubang di tengah, masukkan terigu, aduk dengan sendok atau balloon whisk. Masukkan susu cair sambil diaduk agar merata dan tidak ada gumpalan/bergerindil. Jika ada adonan yang bergerindil dan susah dihaluskan, adonan bisa disaring. Masukkan margarin cair atau minyak goreng, aduk rata.
2. panaskan wajan untuk mendadar (yang anti lengket tentunya :D), tuang adonan untuk membuat dadar tipis-tipis. Diamkan sebentar hingga permukaan agak kering, angkat. Dan ulangi hingga semua adonan menjadi kulit risoles. (Tips: api kecil saja, kalau terlalu panas nanti kulitnya jadi gak mulus)
3. panaskan wajan, tumis bawang dan wortel hingga wortel layu. Matikan kompor, angkat tumisan.
4. Ambil selembar kulit risoles, letakkan sosis, keju, dan wortel diatasnya (ditata di satu sisi untuk digulung), tambahkan mayonaise secukupnya (kalau kebanyakan takutnya bocor, hehe). Lipat lalu gulung. Ulangi hingga habis.
5. Gulingkan risoles yang sudah digulung ke tepung panir/oat, lalu celup ke kocokan telur, dan kembali gulingkan ke tepung panir/oat.
6. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. (Tips: api jangan besar-besar, nanti kulit cepat gosong). Angkat dan tiriskan. Lalu hidangkan.

Tips (lagi):
1. gunakan minyak yang masih bersih untuk mendapatkan risoles dengan warna kuning keemasan yang oke banget
2. supaya risoles gak pecah saat digoreng, pastikan risoles digulung rapat. Kalau perlu, rekatkan ujung gulungan kulit risoles dengan olesan telur. Dan saat digoreng, kalau risolesnya melendung (jadi buncit gitu maksudnya) tusuk dengan lidi kecil atau tusuk sate, untuk menghindari risoles pecah atau betus saat digoreng.

Selamat mencobaaa ^^

0 komentar:

Post a Comment