Wednesday, November 26, 2014

Brownies Kukus Oatmeal Wortel (tanpa gula)

0

Ini adalah kali pertama saya membuat post di grup NCC dan ikutan NCC brownies Week. :D Setelah sekian lama jadi penyimak sejati ibu-ibu di grup dan paling hanya sesekali berkomentar, saya memberanikan diri untuk membuat post. Resep ini ikut serta memeriahkan (dan mejeng) di Blog NCC Brownies Week dan kemarin dapat email dari panitia.. saya dapat badge jingga NCC BW, hihihi, senaaaaangs <3



Pembuatan kue ini diawali dari rasa penasaran mencoba resep-resep brownies yang banyak gentayangan di grup fb Natural Cooking Club (NCC). Bagi anak kost dengan peralatan dapur seadanya seperti saya, resep yang terlihat bisa dieksekusi adalah brownies yang tanpa oven dan tanpa mixer, pokoknya yang minim alat deh.

Waktu teman kost pindah untuk melanjutkan study ke luar, teman saya ini mewariskan sebungkus besar Oatmeal Instant yang tanpa rasa ke saya. Berhubung saya gampang bosan dengan oatmeal yang dibuat bubur dikasih toping begitu-begitu saja, akhirnya saya mencari cara untuk menghabiskan oatmeal yang hampir satu kilogram ini dalam berbagai bentuk olahan makanan.

Jadi, dari dua hal itu,terpikirlah untuk membuat brownies yang lebih sehat dari biasanya dengan mengganti terigu dengan oatmeal, dan menambahkan sayuran, tapi belum nemu resep mana yang akan saya eksekusi, hahaha. Setelah belanja bahan-bahan seperti margarine dan coklat bubuk, ada seorang member grup NCC yang mem-post brownies kukus wortel buatannya. Saya merasa, resep ini jodoh banget sama saya, karena pakai sayur, tanpa mixer, dan di kukus. Akhirnya, mengajak satu teman kost saya, Nabila, kami mengeksekusi resep brownies wortel ini tadi malam. Lucunya, saya dan Nabila sama-sama tidka punya gula pasir di kost, dna hanya punya madu. Jadilah brownies ini tanpa gula sama sekali, karena 100% gula dalam resep diganti menjadi madu :D

Berikut ini resep dari akun FB bernama Ibueasy Cooking yg di post di NCC setelah saya modifikasi:


Bahan:
150 gr margarin
45 gr cocoa powder (yang saya gunakan raw unsweetened cocoa powder, katanya sih lebih sehat)
150 gr madu (di resep aslinya 150 gr gula pasir)
100 gr wortel, di parut
120 gr Oatmeal Instant yang tidak perlu dimasak (resep asli: 120 gr terigu protein sedang)
0.5 sdt baking powder
3 butir telur ukuran sedang

Cara membuat:
1. Siapkan panci pengukus yang akan digunakan, isi tempat airnya dan nyalakan kompor, agar ketika adonan siap di kukus, kukusan sudah dalam keadaan panas.

2. Tim margarin dengan cocoa powder dengan wadah tahan panas di atas air panas atau air yang sedang di masak (jadi wadah berisi butter tidak langsung terkena api) sambil diaduk sampai menyatu, lalu matikan api dan biarkan dingin dan mengental, sisihkan

3. Kocok telur dan madu sampai larut, lalu masukkan campuran coklat dan margarin yang telah di tim, tambahkan wortel yang telah diparut, aduk rata.

4. Tambahkan oatmeal dan baking powder kedalam adonan, aduk rata perlahan

5. Siapkan loyang. Olesi permukaan dalam loyang dengan margarin, taburi sedikit terigu. Bisa juga dialasi dengan kertas roti lalu dioles margarin.

6. Tuang adonan ke dalam loyang, lalu kukus selama kurang lebih 25 menit. Tes tusuk untuk mengetahui kematangan brownies, jika sudah matang diangkat dan dibiarkan dingin.

7. Brownies yang sudah dingin (suhu ruang) selanjutnya dikeluarkan dari loyang dan bisa diberi toping sesuai selera (saya menambahkan keju parut dan Milo cereal)

Gimana rasanya? Enaaaaaaak.. :9
Tekstur brownies ini padat dan agak lembab khas brownies kukus pada umumnya. Buat saya dan Nabila, takaran madu tersebut memberikan rasa yang pas tidak terlalu manis, namun bisa ditambahkan sesuai selera. Selamat mencoba... :)


0 komentar:

Post a Comment